Satpol PP Jaring 15 Pelajar Main Biliar dan Game

Sejumlah pelajar dihuum menghormat bendera Indonesia. (foto imran nasution)

MELALUI “Operasi Kasih Sayang“, 15 pelajar SMA berhasil dijaring personel Satpol PP Kota Pematang Siantar saat bermain biliar dan bermain game di basement King Quin, Jalan Kartini, Kecamatan Siantar Barat, Senin (19/9).

Setelah diamankan, personel Satpol PP langsung menggelandang para pelajar berseragam putih abu-abu itu ke mobil Dalmas untuk selanjutnya di bawa ke markas Satpol PP, Jalan H Adam Malik Kota Siantar.

Bacaan Lainnya

Sebelum diintrogasi, para pelajar diperintahkan berbaris dan mengormat bendera merah putih. Sementara, para pelajar tersebut masing-masing berasal dari Yayasan Pendidikan Keluarga (YPK), Bintang Timur, Yayasan Pendidikan Islam dan Alwasliyah Kota Siantar.

Menurut keterangan beberapa pelajar, mereka ada mengaku hanya melihat-lihat karena pulang sekolah lebih cepat setelah selesai ujian. Namun, ada juga mengaku bahwa guru mereka tidak datang sehingga lebih dulu pulang sekolah.

“Kami tadi sudah selesai ujian jadi pulang lebih cepat. Terus waktu kami lihat-lihat di King Quin itu, tiba-tiba datang Satpol PP menangkap,” ujar salah seorang pelajar dari Bintang Timur yang mengaku sebagai anak kost.

Rahmad SH sebagai pimpinan razia mengatakan, Razia Kasih Sayang yang dilakukan, merupakan upaya menertibkan pelajar berseragam sekolah yang berkeliaran saat jam belajar. “Waktu kita amankan, mereka ada sedang main biliard dan main internet,” ujarnya.

Setelah disuruh menghormat bendera, para masing pelajar didata. Kemudian diberi pengarahan agar tidak berkeliaran lagi saat jam belajar apalagi pakai seragam sekolah. Selanjutnya, diminta untuk membuat pernyataan agar tidak melakukan perbuatana serupa lagi.

“Kalau sudah dua kali dijaring, kita memberi peringatan keras dan memanggil pihak sekolah bersama orang tuanya,” ujar Rahmad sembari mengatakan bahwa upaya yang mereka lakukan merupakan rutinitas.

Dijelaskan, beberapa hari sebelumnya, personel Satpol PP melalui Operasi Kasih Sayang juga sudah mengamankan para pelajar yang bolos sekolah. Termasuk di Pasar Horas maupun di lokasi-lokasi tertentu. (In)

Pos terkait