Sudah Dipasang, CCTV Intai Pelaku Kejahatan dan Arus Lalulintas di Siantar

Pemasangan CCTV di Simpang Sambo dan Jalan Medan Medan Foto: IST

UNTUK meningkatkan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menuju Smart City, Pemko Siantar pasang Closed Circuit Television (CCTV) di tiga persimpangan empat. Tujuannnya, untuk memantau situasi dan kondisi lalulintas plus adanya aksi kejahatan di jalanan.

Ketiga lokasi pemasangan CCTV itu, masing-masing, di Simpang Rambung Merah, Kecamatan Siantar Martoba, Simpang Sambo Kecamatan Siantar Timur dan di Simpang Dua, Kecamatan Siantar Simarimbun.

Bacaan Lainnya

“Pemasangan CCTV merupakan program yang sudah direncanakan tahun sebelumnya dan baru tahun 2022 ini direalisasikan. Sengaja dipasang di lokasi pintu masuk Kota Siantar dari arah Medan, arah Perdagangan dan dari arah Parapat,” ujar Plt Kadis Kominfo Kota Siantar, Johannes Sihombing, Kamis (22/12/2023).

Dijelaskan, saat ini CCTV sedang diupayakan untuk langsung dapat diakses melalui website Pemko Siantar melalui “pematangsiantar.co.id”. “Ya, untuk satu unit kita usahakan bisa secepatnya dapat diakses melalui website Pemko. Itu kita upayakan yang ada di jalan Medan,” ujarnya.

Sebelum memasuki Natal atau Tahun Baru 2023, dua unit lagi diupayakan dapat kembali diakses. Sehingga, para pengguna lalulintas yang saat ini sedang mengalami peningkatan karena menjelang Natal dan Tahun Baru, dapat mengetahui bagaimana arus lalulintas Kota Siantar.

Selanjutnya, pemasangan CCTV tersebut nantinya akan terhubung ke Command Center Pemko Siantar. “Jaringan untuk terhubung ke Command Center sudah kita persiapkan. Termasuk pemasangan listrik dan lainnya,” ujar Johannes.

Setelah terhubung ke Command Center, di CCTV akan dipasang pengeras suara seperti jenis toa. Untuk memberi pengumuman agar para pengendera selalu mentaati peraturan lalulintas dan menghimbau supaya berhati-hati di jalan. Termasuk selalu waspada kalau ada potensi-potensi kejahatan di jalanan.

“Pengumuman-penguman atau pemberitahuan kepada masyarakat itu akan diprogram melalui Command Center dan tu kita upayakan juga dapat segera diselesaikan,” ujar Johannes lagi sembari mengatakan, untuk tahun 2023, tetap diupayakan pemasangan CCTV di lokasi-lokasi strategis lainnya. (In)

Pos terkait